Erupsi Gunung Semeru, Keluarkan Awan Panas Hingga 7 Kilometer Jauhnya

- Senin, 5 Desember 2022 | 06:21 WIB
Erupsi Gunung Semeru, Keluarkan Awan Panas Hingga 7 Kilometer Jauhnya (Akun Instagram @gadis_mountain)
Erupsi Gunung Semeru, Keluarkan Awan Panas Hingga 7 Kilometer Jauhnya (Akun Instagram @gadis_mountain)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Gunung Semeru, di wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur, meletuskan longsoran panas hingga 7 kilometer sejak Minggu pukul 02:46 WIB.

"Kami sudah berada di pos pantau. awan panas guguran saat ini masih berlangsung dengan jarak antara 5-7 kilometer. Pos pantau kita jaraknya kurang lebih 12 kilometer dari puncak,” tutur Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Lumajang Joko Sambang.

Ia menambahkan, berdasarkan pantauan lapangan oleh tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), abu vulkanik akan semakin tinggi dan mengarah ke selatan.

Baca Juga: Turnamen Blora Open Selesai, Gus Labib: Animo Masyarakat Luar Biasa

Mengantisipasi dampak risiko abu vulkanik, tim BPBD Kabupaten Lumajang membagikan masker gratis kepada masyarakat.

"Abu vulkanik mengarah ke selatan, ke Rowo Baung. Di sana sudah ada teman-teman membagikan masker dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat," ujar Joko.

Longsoran awan panas dari Gunung Semeru diamati kolom abu abu-abu intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan, menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Departemen Energi dan Sumber Daya Alam sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut dari puncak.

Baca Juga: Spesial, KGPAA Mangkunegara X Ikut Kirab Pusaka di Blora

Sumber longsoran awan panas tersebut merupakan endapan di puncak atau puncak lidah lava sekitar 800 meter dari Kawah Jonggring Seloko.

Halaman:

Editor: Nurdian Ghufron

Sumber: Asumsi.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X