Tito Karnavian Meresmikan 3 Provinsi Baru Bergabung dengan NKRI, Mana Saja?

- Sabtu, 12 November 2022 | 07:29 WIB
Tito Karnavian Meresmikan 3 Provinsi Baru Bergabung dengan NKRI, Mana Saja? (PMJ News/YouTube Kemendagri)
Tito Karnavian Meresmikan 3 Provinsi Baru Bergabung dengan NKRI, Mana Saja? (PMJ News/YouTube Kemendagri)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi baru di Papua pada Jumat 11 November 2022 yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Pemekaran tiga provinsi baru Papua yang diumumkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditandai dengan pelantikan tiga pejabat gubernur yang ditunjuk oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk memimpin tiga provinsi baru.

Inisiasi pemekaran Papua menjadi tiga provinsi baru ditandai dengan memukul Tifa, alat musik tradisional Papua dan tanda tangan prasasti.

Baca Juga: Para Raja Tanah Jawa Menitis pada Weton-weton Berikut Ini, Presiden di 2024 Salah Satunya?

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini, Jumat 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022," ujar Tito Karnavian.

Ketiga provinsi baru tersebut merupakan pemekaran dari Provinsi Papua.

Undang-undang yang menetapkan ketiga provinsi ini disahkan oleh DPR RI pada 30 Juni 2022 dan mulai berlaku pada 25 Juli 2022.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Diramalkan Bangkit dari Terpuruk di Tahun 2023, Hoki Tinggi Mendadak Kaya, Kamu Bukan?

Deputi gubernur masing-masing wilayah yang diluncurkan antara lain Apolo Safanpo, wakil gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo, gubernur Papua Pegunungan, dan Ribka Haluk, gubernur Papua Tengah.

Halaman:

Editor: Nurdian Ghufron

Sumber: Suara Merdeka

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X