Satgas Penanganan Covid-19 Menyebutkan 5 Indikator Negara yang Siap Berstatus Endemi, Indonesia?

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 09:05 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 Menyebutkan 5 Indikator Negara yang Siap Berstatus Endemi, Indonesia? (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)
Satgas Penanganan Covid-19 Menyebutkan 5 Indikator Negara yang Siap Berstatus Endemi, Indonesia? (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Satuan Tugas atau Satgas penanganan Covid-19 menyebutkan lima indikator Negara yang siap berstatus endemi Covid-19.

Saat ini Indonesia masih dalam status pandemi Covid-19 di tengah banyaknya negara-negara yang sudah mulai memasuki fase endemi.

Tak dapat dipungkiri bahwa penyebaran Covid-19 di Indonesia tergolong memprihatinkan yang membuay Indonesia belum bisa ganti status dari pandemi ke endemi.

Baca Juga: BSSN Menyiapkan Pengamanan Guna Mendukung Kelancaran KTT G20 Bali 2022

Masalah utama yang menjadi penyebab keterlambatan ini adalah penyebaran vaksin Covid-19 yang belum merata sepenuhnya.

Terbukti hingga saat ini total masyarakat yang telah melakukan vaksinasi belum mencapai target yang ditetapkan pemerintah pada awal 2021 lalu.

Reisa Brotoasmoro selaku juru bicara Satgas penanganan Covid-19 mengatakan bahwa terdapat lima indikator yang menjadi tolak ukur sebuah Negara dalam menetapkan status dari pandemi menjadi endemi Covid-19.

Baca Juga: Seorang Perempuan Bercadar Bawa Senjata Terobos Pengamanan Istana Presiden Jokowi, Ini yang Terjadi

"Bahwa beberapa indikator suatu negara siap untuk masuk ke fase endemi adalah laju penularan kasus harian harus kurang dari 5 persen, angka kasus aktif kurang dari 5 persen," ungkap Reisa Brotoasmoro dikutip dari Suaramerdeka.com.

Halaman:

Editor: Nurdian Ghufron

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X