Ketua LPSK: Bharada E Mendapat Perlindungan Darurat

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:04 WIB
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo (baju putih).  (ANTARA/Muhammad Zulfikar)
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo (baju putih). (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo menyatakan, tersangka Bharada E resmi mendapat perlindungan darurat. Bharada E adalah satu dari empat tersangka dugaan pembunuhan Brigadir J.

"Ya, pimpinan LPSK sore tadi memutuskan. Bharada E mendapat perlindungan darurat dari LPSK," kata Hasto saat dihubungi rri.co.id, Jum'at (12/8/2022) malam.

Komnas HAM batal periksa tersangka Bharada E di Mako Brimob hari ini. Mereka menyebut, karena Bharada E masih ada asesmen dengan LPSK, tanpa menyebutkan waktu.

Baca Juga: KPK Amankan Uang saat OTT Bupati Pemalang

Hasto kemudian menjelaskan, perlindungan darurat itu berdasarkan permohonan Bharada E sebagai justice collaborator. Pada minggu lalu, permohonan itu dilayangkan Bharada E melalui kuasa hukum Deolipa Yumara dan Burhanudin.

LPSK, lanjut Hasto, akan berkoordinasi dengan penyidik Bareskrim Polri, dalam kasus ini, Tim Khusus Polri. Itu terkait metode pengamanan LPSK terhadap pemohon perlindungan darurat/justice collaborator.

"Karena yang bersangkutan masih di tahan di (rutan, red) Bareskrim. Tadi sebenarnya sudah ketemu langsung (LPSK-Bharada E). Jadi, sudah dilakukan asesmen," ujar Hasto dengan menyebutkan asesmen dilakukan di Rutan Bareskrim hari ini, Jumat.

Baca Juga: 'Garuda Asia' Juara, Ronny Pangemanan: Perjuangan HUT Kemerdekaan

"Makanya, perlindungan darurat itu diberikan, karena seseorang terancam, dan atau seseroang itu, sudah menjalani proses hukum, harus segera mendapat pendampingan dari LPSK," lanjut Hasto.

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X