Kasus Brigadir J, Komnas HAM Lakukan Cek HP Gunakan Hasil Cell Dump

- Jumat, 29 Juli 2022 | 12:53 WIB
Kasus Brigadir J, Komnas HAM Lakukan Cek HP Gunakan Hasil Cell Dump (Humas Polres Jombang)
Kasus Brigadir J, Komnas HAM Lakukan Cek HP Gunakan Hasil Cell Dump (Humas Polres Jombang)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Pihak Komnas HAM siap melakukan pengecekan siapa saja yang berada di lokasi (TKP) penembakan Brigadir J atau rumah Kadiv Propam Nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam menjelaskan, timnya bakal menggunakan hasil cell dump dari Siber Bareskrim dan Digital Forensik Puslabfot Polri.

"Salah satu tindakannya yaitu cell dump, menarik jaringan komunikasi tersebut. Kami juga dikasih bahannya termasuk disediakan print-nya," ucap Anam di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Link Live Streaming RANS Nusantara FC Vs PSS Sleman BRI Liga 1 Pukul 20.30 WIB

Untuk diketahui, Cell dump adalah teknik untuk menyelidiki keberadaan handphone dalam satu titik lokasi. Data tersebut diperoleh dari Base Transceiver Station (BTS).

Menurutnya, terdapat empat titik lokasi yang diselidiki dengan teknik cell dump. Namun, dirinya belum merinci empat lokasi tersebut. Tetapi, salah satunya di sekitar Komplek Perumahan Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kemudian, data cell dump tersebut masih berbentuk mentah. Sehingga, pihaknya harus menyortir dan menganalisis terlebih dahulu.

Baca Juga: Jadwal TV Indosiar Hari Ini Jumat 29 Juli 2022, Live BRI Liga 1 Rans Nusantara FC vs PSS Sleman

"Itu (cell dump) bahan raw (mentah) material yang nanti kami analisis, untuk menentukan titik-titik mana komunikasi apa yang terjadi di wilayah-wilayah yang terekam dalam cell dump itu," jelasnya.

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X