Pemerintah Resmi Hapus Tenaga Honorer dan Non ASN, Semua Instansi Pemerintahan Dilarang Merekrut!!

- Minggu, 24 Juli 2022 | 11:13 WIB
Ilustrasi guru honorer. (sl/Ist/Viva/Anhar Rizki Affandi)
Ilustrasi guru honorer. (sl/Ist/Viva/Anhar Rizki Affandi)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Tenaga Non Aparatur Sipil Negara (non ASN) resmi ditiadakan mulai 2023 mendatang. Artinya semua instansi pemerintah dilarang menerima tenaga honorer atau Non ASN mulai 2023.

Keputusan tersebut tegas dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Ad Interim) Mahfud MD.

Dikatakan Mahfud, pihaknya telah meminta instansi pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan pemetaan terkait pegawai non ASN yang bisa diikutsertakan dalam seleksi PNS maupun PPPK sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, pegawai non-ASN juga bisa diatur melalui skema alih daya oleh pihak ketiga bagi yang kualifikasinya tidak memenuhi syarat sebagai ASN. Adapun pegawai yang bisa masuk dalam tenaga alih daya adalah pengemudi, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan.

Baca Juga: Fakta Mengerikan dari Penyakit Cacar Monyet yang Mewabah di 72 Negara, Berikut dengan Gejalanya

Dengan ketentuan tersebut, pemerintah sepakat untuk menghapus tenaga honorer dalam tubuh birokrasi. Para kepala daerah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia telah diwajibkan untuk tidak lagi merekrut tenaga honorer, tanpa terkecuali.

"Menyusun langkah strategis penyelesaian pegawai non ASN yang tidak memenuhi syarat dan tidak lulus seleksi calon PNS maupun calon PPPK sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Mahfud dikutip Minggu (24/7/2022).

Sebelumnya, Kementerian PAN & RB juga telah menerbitkan edaran khusus terkait penghapusan tenaga honorer. Dalam surat tersebut, dikatakan bahwa penghapusan tenaga honorer akan dilakukan pada 28 November 2023 mendatang.

Aturan tersebut sebelumnya diteken oleh Menteri PAN dan RB Tjahjo Kumolo pada 31 Mei 2022 lalu.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X