Rebutan Pengelolaan Limbah Pabrik Jadi Alasan Bentrok Ormas di Karawang?

- Kamis, 25 November 2021 | 20:30 WIB
Mobil Brio milik anggota LSM GMBI menjadi sasaran amuk massa di depan Mall Resinda, Karawang.
Mobil Brio milik anggota LSM GMBI menjadi sasaran amuk massa di depan Mall Resinda, Karawang.

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Diduga rebutan pengelolaan limbah pabrik di kawasan industru KIIC menjadi alasan bentrok dua ormas di jalan Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang pada Rabu 24 November 2021.

Limbah ekonomis milik PT Ichie Industries tersebut berada di kawasan industri Karawang International Industrk City (KIIC), menurut informasi yang beredar, ormas yang terlibat bentrok tersebut memperebutkan hal tersebut.

Pada saat sebelum bentrokan tersebut awalnya massa dari LSM GMBI dari berbagai daerah sudah berada di kawasan industri KIIC.

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi Indonesia Semakin Membaik, Menkeu Jelaskan Indikatornya

Baca Juga: Iran dan Amerika Serikat Bentrok Karena Pencurian Minyak Sembilan Tentara Tewas

Namun sejumlah anggota LSM salah arah, melintasi jalan Interchange Karawang Barat, yang saat itu terdapat massa dari kelompok lain, yakni LSM NKRI dan Ormas GMPI yang sedang mengarah ke kawasan industri.

Hingga terjadilah bentrokan, yang mengakibatkan satu unit mobil milik anggota LSM GMBI hancur dalam bentrokan itu dan sejumlah orang dari LSM GMBI mengalami kritis, hingga satu orang meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit pada Rabu malam.

Kepala Kesbangpol Karawang Sujana Ruswana menyebutkan bentrok ormas yang terjadi di daerahnya diduga akibat perebutan limbah ekonomis perusahaan.

"Di Karawang, yang namanya bentrokan kelompok masyarakat biasanya terkait dengan rebutan limbah ekonomis," katanya.

Halaman:

Editor: Tiko Septianto

Sumber: karawangpost.pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X