Larangan Cuti ASN-Swasta, Masyarakat Diimbau Tidak Mudik

- Rabu, 24 November 2021 | 14:42 WIB
Ilustrasi pemudik di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. /dok. Angkasa Pura II
Ilustrasi pemudik di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. /dok. Angkasa Pura II

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Pemerintah memutuskan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh Indonesia, selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini guna mencegah kenaikan kasus Covid-19 yang biasanya terjadi setelah libur panjang usai.

Menyusul hal tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022, yang ditunjukkan kepada Gubernur serta Bupati/Wali kota seluruh Indonesia.

Salah satu yang diatur dalam Inmendagri ini adalah terkait larangan mudik.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Vaksin di Blora Dosis 1 dan 2, Mulai Hari Ini Sampai Sabtu 27 November 2021, Cek Lokasi….

Dilansir dari Inmendagri yang diunggah dari situs Kementeria Dalam Negeri, Gubernur dan Bupati/Wali kota diminta untuk melakukan sosialisasi peniadaan mudik Nataru kepada warga masyarakat dan masyarakat perantau yang berada di wilayahnya.

"Apabila terdapat pelanggaran maka dilakukan pemberian sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis diktum kesatu huruf e angka ke-1.

Disamping itu, dalam Inmendagri ini masyarakat juga diimbau untuk tidak berpergian, tidak pulang kampung (mudik) dengan tujuan yang tidak penting (primer) atau mendesak.

Baca Juga: Pertamina Jamin Seluruh Fasilitas Toilet Tidak Dipungut Bayaran alias Gratis

Kemudian, dilakukan pengetatan arus pelaku perjalanan masuk dari luar negeri. Termasuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebagai antisipasi tradisi mudik Natal-Tahun Baru.

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Banten, BMKG: Hati-hati Susulan

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:23 WIB
X