KPU Buka Data Pemilu untuk Umum, Begini Cara Mengaksesnya

- Kamis, 30 September 2021 | 06:25 WIB
Ilustrasi pemilu. /Pixabay/mohamed_hassan
Ilustrasi pemilu. /Pixabay/mohamed_hassan

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan inovasi perkembangan teknologi, masyarakat luar bisa membuka dan melihat data terkait Pemilu 2019.

Inovasi akses data via elektronik dari KPU tersebut dapat dilakukan masyarakat dengan jalan masuk melalui situs www.opendata.kpu.co.id.

Pemerintah maupun masyarakat luas dapat mengakses data KPU tersebut.

Baca Juga: Ini yang Jadi Alasan Manny Pacquiao Tinggalkan Ring Tinju dan Maju di Pilpres Filipina, Sungguh Mulia

“Data ini dapat diakses serta dimanfaatkan oleh masyarakat umum sebagai bentuk transparansi kepada publik terkait data yang dimiliki oleh KPU,” tegas Ketua KPU Ilham Saputra, Rabu 29 September 2021.

Data yang dapat diakses meluputi data pencalonan, daerah pemilihan, DPT, hasil penghitungan suara hingga data kebutuhan logistik pemilu 2019.

Secara simbolis, KPU pun menyerahkan data terkait Pemilu 2019 kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Kita mengacu Undang-undang nomor 7 tahun 2017, pasal 14 huruf K yang kemudian mewajibkan KPU menyerahkan data hasil pemilu kepada pemerintah dan parpol berupa data hasil perolehan suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan data pemilih terakhir 2019," ujar Ilham.

"Namun ini juga sekaligus menjadi tantangan. Karena bagaimana nanti 2024 bisa paling tidak sama 81% atau melampaui,” kata Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bachtiar, Rabu 29 September 2021.

Halaman:

Editor: Tiko Septianto

Sumber: Kata Data

Tags

Terkini

X