Menurut Primbon Jawa, Ada 4 Weton yang Pantang Keluar Rumah Ketika Malam 1 Suro

- Jumat, 29 Juli 2022 | 21:23 WIB
Menurut Primbon Jawa, Ada 4 Weton yang Pantang Keluar Rumah Ketika Malam 1 Suro
Menurut Primbon Jawa, Ada 4 Weton yang Pantang Keluar Rumah Ketika Malam 1 Suro


BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Malam 1 suro dalam tradisi Jawa merupakan malam yang dianggap sakral. Kata Suro berasal dari Asyura (bahasa Arab) yang artinya sepuluh.

Suro lalu menjadi nama bulan permulaan hitungan dalam tanggalan Jawa. Sementara bagi umat Muslim Suro sebagai bulan Muharram.

Malam 1 Suro ini dikenal beberapa macam pandangan oleh masyarakat Jawa. Dalam kitab primbon Jawa, malam 1 Suro dianggap sebagai malam keramat yang penuh dengan aura mistis.

Baca Juga: KUNCI JAWABAN, Tebak Kata Shopee Tantangan Harian Sabtu 30 Juli 2022, TRUMAJE

Pada malam 1 Suro ini, sebagian besar masyarakat adat Jawa menyarankan agar tidak keluyuran atau bepergian di malam hari.

Menurut Primbon Jawa 4 weton yang dilarang keluar rumah ketika malam 1 Suro. Peringatan tahun baru Jawa dimulai pada hari pertama bulan Sura di penanggalan Jawa, sesuai dengan awal bulan Muharram dalam kalender Hijriah.

Perayaan tersebut diperingati terutama di Pulau Jawa, dan daerah atau negara lain dengan populasi suku Jawa yang signifikan, 1 Sura juga diperingati, dan telah menjadi bagian dari budaya tradisional dari masing-masing daerah.

Baca Juga: Kopda Muslimin Perintahkan Agus Gondrong untuk Habisi Rina Wulandari: Katanya Bikin Muak dan Menjengkelkan

1 Sura biasanya diperingati pada malam hari setelah terbenamnya matahari. Pandangan dalam masyarakat Jawa, hari ini dianggap keramat terlebih bila jatuh pada jumungah legi (jumat).

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasihat untuk yang Sudah Berumur 50 Tahun

Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X