ONE DAY ONE HADIS: Hati-hati Dengan Firasat Seorang yang Beriman

- Selasa, 12 Juli 2022 | 08:01 WIB
ONE DAY ONE HADITS: Hati-hati Dengan Firasat Seorang yang Beriman  (pexels.com)
ONE DAY ONE HADITS: Hati-hati Dengan Firasat Seorang yang Beriman (pexels.com)

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «اتَّقُوا فِرَاسَةَ المُؤْمِنِ، فَإِنَّهُ يَنْظرُ بنورِ اللهِ».وروى الطبراني قال الهيثمي في مجمع الزوائد: وإسناده حسن. وقال السيوطي في اللآلئ: الحديث حسن صحيح.

Dari Abu Amamah radhiyallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,:
“Takutlah pada firasat seorang mukmin. Sesungguhnya ia melihat dengan cahaya Allah.”[Hr At Thobroni, berkata Haistami didalam majmaul zawaid isnadnya hasan. Dan berkata Syuyuti didalam al lali'i: hadist hasan shohih]

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist:

Baca Juga: Doa Setelah Melaksanakan Sholat Idul Adha, Berikut Lafadz Arab dan Latin Beserta Artinya
 
1- Sungguh kita bisa merasakan, orang-orang shalih punya satu kepekaan di dalam pergaulannya. Sampai para salafush shalih dulu mengatakan, “Perhatikan kedudukanmu di sisi Allah dari bagaimana para kekasihNya bersikap kepadamu. Sungguh bersebab dosa durhaka dari maksiatmu padaNya, bisa jadi Allah sisipkan setitik perasaan benci padamu di hati orang-orang beriman.”

2- Terkadang ia memang hanya perasaan tak nyaman yang tak terjelaskan. Tapi di titik tertentu, ia menjelma amat nyata.

Baca Juga: Tuntunan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap Dengan Doanya

3- Seorang lelaki dari kalangan sahabat beliau masuk menghadiri majelis Sayyidina ‘Utsman ibn ‘Affan Radhiyallaahu ‘Anh, demikian dikisahkan Imam Tajuddin As Subki dalam Thabaqat-nya. Setiba Sang Dzun Nurain menatap tajam ke arahnya dan menudingkan telunjuk sembari bertitah, “Takutlah kepada Allah dan bertaubatlah kepadaNya, atau akan kukenakan hukuman ta’zir padamu sebagai peringatan bagi semua. Sungguh demi Allah, di matamu aku melihat ada bekas-bekas zina.”

Baca Juga: Tuntunan Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha Lengkap Dengan Doanya

“Subhanallah”, sang lelaki terperanjat. “Apakah wahyu masih turun, sehingga Amirul Mukminin mengetahui perkara yang gaib semacam ini?” Dia menyadari, dalam perjalanan menuju Masjid tadi dia berpapasan dengan seorang perempuan jelita. Dari tak sengaja, pandangannya berterusan hingga syahwatpun terbangkitkan. Tapi ya sampai di situ saja. Tidak lebih.
“Bukan”, sahut Sayyidina ‘Utsman. “Ini bukan wahyu, hanyasanya ia adalah firasat seorang mukmin.”

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasihat untuk yang Sudah Berumur 50 Tahun

Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X