Usai Ramadhan, Kapan Waktu Terbaik Melakukan Puasa Syawal? Berikut Ini Ketentuan Serta Bacaan Niatnya

- Selasa, 3 Mei 2022 | 16:14 WIB
Kapan Melakukan Puasa Syawal serta Bacaan Niat Puasa Syawal (Pixabay)
Kapan Melakukan Puasa Syawal serta Bacaan Niat Puasa Syawal (Pixabay)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Berikut ini merupakan waktu terbaik melakukan puasa Syawal setelah melaksanakan puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh, lengkap beserta ketentuan serta bacaan niat puasa Syawal.

Kapankah puasa Syawal dilakukan, puasa Syawal merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan pada bulan Syawal, yang baru boleh dilaksanakan puasa pada tanggal 2 syawal. Dilakukan selama 6 hari.

Setelah melakukan puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh, umat muslim dapat melakukan ibadah sunnah puasa Syawal selama 6 hari di bulan Syawal. 

Baca Juga: Manfaat dan Keutamaan, Serta Bacaan Niat Puasa Syawal, Yukk Semangat Meraih Berkah!

Nabi Muhammad SAW bersabda, orang yang melaksanakan puasa Ramadhan dan diikuti dengan puasa Syawal maka pahalanya sama dengan puasa selama satu tahun.

"Barang siapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun.” (HR Muslim).

Ustadz Abdul Somad mengatakan,"Puasa Syawal boleh dilakukan berurutan d iawal bulan, di tengah atau di akhir bulan, tidak berurutan 6 hari pun tidak apa apa, selama masih di bulan syawal", termuat Dalam Video YouTube Semut Hitam Tv, "Jangan terlewat puasa 6 Hari Di Bulan Syawal" Ustadz Abdul Somad, 14 Mei 2021.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2022, Buruan Download dan Pasang untuk Story IG, WA

Adapun bacaan niat untuk puasa Syawal adalah sebagai berikut:

'Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnatis Syawwâli lillâhi ta'âlâ.'

Halaman:

Editor: Tiko Septianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X