Berikut Ini Niat Zakat Fitrah, Lengkap dengan Tulisan Latin, Arab dan Terjemah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

- Senin, 18 April 2022 | 13:40 WIB
Ilustrasi Niat Zakat Fitrah, Lengkap dengan Tulisan Latin, Arab dan Terjemah untuk Diri Sendiri dan Keluarga (Freepik.com)
Ilustrasi Niat Zakat Fitrah, Lengkap dengan Tulisan Latin, Arab dan Terjemah untuk Diri Sendiri dan Keluarga (Freepik.com)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Zakat Fitrah (zakat al-fitr) merupakan zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan pada Idul Fitri.

Bahkan bayi yang lahir di akhir bulan Ramadhan sebelum matahari terbenam pun wajib diniatkan zakat fitrah.

Sebagaiamana diriwayatkan hadist Ibnu Umar ra, "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Malam Tadi, 17 April 2022

Baca Juga: Pemerintah Percepat Bansos BPNT dan BLT pada bulan April 2022, Cek Cara Daftar dan Penerimaannya

Zakat fitrah sudah disyariatkan sejak tahun kedua Hijriyah, di mana agar setiap muslim kembali pada keaadan fitrah dan suci.

Selain untuk mensucikan diri, zakat fitrah juga dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu dan membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya.

Dalam tata cara membayar zakat fitrah, bisa dibayarkan dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 1 sha’ gandu, kurma atau beras, atau bisa disetarakan dengan 2,5 kilogram atau 3,5 liter per jiwa.

Para pezakat pun bisa membayar zakat fitrah dengan nominal yang menyeseuailkan harga beras yang dikonsumsi.

Dilansir baznas.go.id, berikut bacaan niat zakat fitrah yang dapat kita gunakan sesuai dengan yang ditujukan.

Halaman:

Editor: Tiko Septianto

Tags

Terkini

X