Cara Mengetahui Kedudukan Kita Disisi Allah, Tausiyah KH Kholidin Qosim Pengasuh Ponpes Kampoeng Pitulikur

- Senin, 21 Maret 2022 | 20:30 WIB
KH Kholidin Qosim Pengasuh Ponpes Kampoeng Pitulikur
KH Kholidin Qosim Pengasuh Ponpes Kampoeng Pitulikur

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Bagaimana cara mengetahui ukuran dan kedudukan kita disisi Allah. Syech Ibnu Athoillah ngendikan dalam kitab al-Hikam:

اذا اردت ان تعرف قدرك عنده انظر في ما ذا يقيمك

"Bila kamu hendak mengetahui ukuranmu disisi Allah, maka lihatlah bagaiman Alloh memposisikanmu."

Kalam Hikam ini merupakan barometer bagi seseorang untuk mengukur kadar dirinya disisi Allah. Seseorang yang hendak mengetahui bagaimana ukurannya disisi Allah, maka lihatlah dimana Alloh memposisikannya.

Bila seseorang ditempatkan oleh Allah dalam ketaatan itu pertanda orang itu didekatkan dengan_Nya. Namun bila sebaliknya maka itu pertanda orang itu dijauhkan dari Allah.

Baca Juga: Ilmu Hakekat Kehidupan Sejati, Tausiyah KH Kholidin Qosim Pengasuh Pondok Pesantren Kampoeng Pitulikur

Dengan kata lain bila kita ingin mengukur bagaimana kedudukan kita disisi Allah, maka lihatlah kedudukan Allah dihati kita. Bila hati kita selalu mengagungkan dan selalu ketarik pada sesuatu yang mendekatkan kita kepada_Nya maka itu pertanda kita ditempatkan disisi yang dekat dengan_Nya.

Demikian juga sebaliknya jika jiwa, naluri, pikiran dan keseharian kita disibukkan dengan sesuatu yang melalaikan maupun menjauhkan dari ibadah dan dzikir kepadan_Nya bahkan keseharian kita malah berkubang ditempat yang cendrung berpotensi menuju ma'siat maka sesungguhnya Allah benar-benar jauh darinya.

Rosululloh Saw bersabda:

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nasihat untuk yang Sudah Berumur 50 Tahun

Rabu, 24 Agustus 2022 | 08:05 WIB
X