Kewajiban Suami Pada Istri Dalam Pernikahan Menurut Islam

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 05:57 WIB
Kewajiban Suami Pada Istri Dalam Pernikahan Menurut Islam
Kewajiban Suami Pada Istri Dalam Pernikahan Menurut Islam

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - عن ابن عمرعن النبى - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - انه قَال، وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِيْ أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْؤُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ.

Dari Ibn umar R.A dari Nabi SAW sesungguhnya bersabda : Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda :“Lelaki adalah pemimpin dalam keluarganya dan ia akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya.” [Shahiih al-Bukhari (II/380, no. 893),

Pelajaran yang terdapat didalam hadist :

1- Akad pernikahan diikat dengan memperhatikan adanya kewajiban-kewajiban di antara keduanya. Dalam hal ini suami mempunyai kewajiban yang lebih berat dibandingkan istrinya.

Baca Juga: Berikut Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW, Bisa Share ke Facebook, Instagram, dan WhatsApp

2- Dalam memberikan cinta dan kasih sayang bukanlah atas dasar besar kecilnya rasa cinta kepada istri, akan tetapi hal tersebut merupakan perintah Allah Subhanahu wa ta'ala, agar suami istri saling mencinta dan berkasih sayang sebagai wujud kepatuhan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Jika memberikan cinta dan kasih sayang antara suami istri sudah disandarkan pada perintah Allah Subhanahu wa ta'ala maka as-sakiinah (ketentraman) dalam rumah tangga akan mudah di raih.

Para suami sebagai pemimpin memiliki beberapa kewajiban yang menjadi hak istri dalam pernikahan, di antaranya:

1. Memberikan mahar dan nafkah
Kewajiban pertama suami pada istri dalam pernikahan menurut Islam adalah memberikan mahar dan nafkah. Mahar merupakan mas kawin yang patut laki-laki berikan saat menikahi perempuan. Sedangkan nafkah, nggak hanya sebatas uang dapur, melainkan dalam bentuk sandang, pangan dan papan (memberi pakaian, makanan, dan rumah).

Baca Juga: Hadiah Ini yang Diterima Juara Thomas Cup 2021... Bukan Uang Tunai

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Sumber: Islampos

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Sholat untuk Wilayah Klaten dan Sekitarnya

Minggu, 9 Januari 2022 | 07:46 WIB
X