Ukraina Mengalami Pemadaman Listrik, Imbas Serangan Rudal yang Diluncurkan Rusia

- Senin, 12 September 2022 | 06:57 WIB
Ukraina Mengalami Pemadaman Listrik, Imbas Serangan Rudal yang Diluncurkan Rusia (Hindustan Times)
Ukraina Mengalami Pemadaman Listrik, Imbas Serangan Rudal yang Diluncurkan Rusia (Hindustan Times)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Rusia menyerang pembangkit listrik dan infrastruktur lainnya pada hari Minggu, 11 September 2022 menyebabkan pemadaman yang meluas di seluruh Ukraina ketika pasukan Kyiv menekan serangan balasan cepat yang telah mendorong pasukan Moskow keluar dari petak-petak wilayah yang telah didudukinya di timur laut dan selatan.

Serangan itu memicu kebakaran besar di sebuah pembangkit listrik di pinggiran barat Kharkiv dan menewaskan sedikitnya satu orang.

Presiden Volodymyr Zelenskyy mengecam 'serangan rudal yang disengaja dan sinis' terhadap sasaran sipil sebagai tindakan terorisme.

Baca Juga: Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Edinburgh, Disambut Puluhan Ribu Pelayat

Akibat dari serangan tersebut, kota terbesar kedua di Ukraina, Kharkiv, mengalami pemadaman listrik pada Minggu, 11 September 2022 malam.

Secara terpisah, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia di selatan yang diduduki Rusia benar-benar ditutup dalam upaya untuk mencegah bencana radiasi saat pertempuran berkecamuk di dekatnya.

Tindakan Kyiv dalam beberapa hari terakhir untuk merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia di wilayah Kharkiv memaksa Moskow untuk menarik pasukannya untuk mencegah mereka dikepung, meninggalkan sejumlah besar senjata dan amunisi dalam penerbangan tergesa-gesa saat perang menandai hari ke-200 pada hari Minggu, 11 September 2022.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Senin 12 September 2022: Lakukan Diskusi Intens dengan Beberapa Orang

Panglima militer Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyy, mengatakan pasukannya telah merebut kembali sekitar 3.000 kilometer persegi (1.160 mil persegi) sejak serangan balasan dimulai pada awal September.

Halaman:

Editor: Nurdian Ghufron

Sumber: Hindustan Times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X