Rentetan Kasus Cacar Monyet yang Menyebar di 72 Negara, Pertama Kali Ditemukan Tahun 1970

- Minggu, 24 Juli 2022 | 10:56 WIB
Ilustrasi: WHO mengatakan lebih dari 6.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan di 58 negara.  (Bonsernews.com/voaindonesia.com/AP/Lafiyarmu Screenshot)
Ilustrasi: WHO mengatakan lebih dari 6.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan di 58 negara. (Bonsernews.com/voaindonesia.com/AP/Lafiyarmu Screenshot)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Seorang pria Nigeria yang melarikan diri setelah menjadi kasus cacar monyet pertama di Thailand ditemukan di Phnom Penh pada Sabtu (23 Juli) dan dibawa ke rumah sakit, kata Kementerian Kesehatan Kamboja.

Dilansir Channel News Asia, Minggu (24/7/2022), itu terjadi pada hari yang sama pejabat Organisasi Kesehatan Dunia di Jenewa menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global pada hari Sabtu.

Turis berusia 27 tahun - yang telah memperpanjang visanya di Thailand - didiagnosis menderita cacar monyet di kota resor Phuket pada hari Senin, kata seorang pejabat kesehatan Thailand.

Selama tinggal di Phuket, pria itu telah mengunjungi dua tempat hiburan, dan 142 orang sekarang sedang menjalani pemeriksaan virus, kata seorang pejabat kesehatan. Pihaknya juga menambahkan bahwa pria itu juga melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan seorang wanita.

Baca Juga: Tumbangkan Polandia dan Italia, Amerika Serikat dan Perancis Masuk ke Final VNL 2022!

Setelah mengetahui diagnosisnya, dia melarikan diri dari akomodasinya di Phuket, mematikan teleponnya dan gagal menanggapi pesan polisi atau petugas kesehatan.

Berikut rentetan kasus cacar monyet yang pernah mewabah di berbagai negara:

1970: Kasus pertama

Cacar monyet pada manusia pertama kali diidentifikasi di tubuh anak sembilan tahun pada 1970 di Zaire yang kini bernama Democratic Republic of Congo.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X