Sri Lanka: Pemimpin Oposisi Yakin Akan Membuktikan Mayoritas di Parlemen

- Minggu, 1 Mei 2022 | 13:29 WIB
Demo Sri Lanka
Demo Sri Lanka

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Seorang pemimpin senior dari partai Oposisi Sri Lanka Samagi Jana Balawegaya (SJB) pada hari Sabtu, 30 April 2022 mengatakan partainya akan membuktikan mayoritas mereka di parlemen minggu depan untuk mosi tidak percaya terhadap pemerintah yang dipimpin oleh keluarga Rajapaksa.

Presiden Gotabaya Rajapaksa telah meminta Oposisi untuk menunjukkan mayoritas mereka dengan menggalang dukungan dari 113 anggota parlemen dari 225 anggota parlemen untuk membentuk pemerintahan sementara.

"Semua orang akan dapat melihat bahwa kami menguasai mayoritas minggu depan dan saya tidak akan mengungkapkan bagaimana kami akan melakukannya mulai sekarang," ungkap salah satu anggota partai SJB dikutip dari Hindustan times.

Baca Juga: 5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Ketika Mudik Lebaran

"Presiden harus mengundurkan diri dari jabatannya dan kemudian reformasi konstitusi harus mengikuti untuk memastikan checks and balances di antara pilar-pilar pemerintahan," imbuhnya.

Anggota parlemen SJB lainnya Mujibur Rahman, mengatakan pihaknya juga akan mendorong pemakzulan terhadap presiden.

Baca Juga: Namanya Ikut Terseret Dalam Pusaran Kasus DNA Pro, Billy Syahputra: Ini Hanya Ujian

"Kami belum menyerah," ucap Mujibur Rahman secara singkat pada saat konferensi pers.

Presiden Gotabaya Rajapaksa pada hari Jumat, 29 April 2022 menyampaikan undangan untuk membentuk pemerintahan semua partai yang terdiri dari semua partai politik yang diwakili di parlemen untuk mengatasi krisis ekonomi di Sri Lanka.

Dia mengajukan tawaran itu selama diskusi dengan para pemimpin dan perwakilan partai yang sekarang beroperasi secara independen di parlemen.

Halaman:

Editor: Tiko Septianto

Tags

Terkini

X