Salah Satu Faktor Kecelakaan Disebabkan Ngantuk Berat Berikut Ini 8 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara

- Kamis, 4 November 2021 | 18:05 WIB
Vanessa Angel alami kecelakaan, catat batas kecepatan saat berkendara di Tol. (Humas Polda Jatim)
Vanessa Angel alami kecelakaan, catat batas kecepatan saat berkendara di Tol. (Humas Polda Jatim)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Berkendara dengan aman adalah faktor penting untuk menunjang keselamatan lalu lintas. Namun terkadang, ketika masih di jalan, rasa kantuk bisa datang.

Padahal munculnya rasa kantuk ini termasuk salah satu faktor yang dapat mengganggu keamanan saat berkendara atau menyetir. Salah satu faktor penyebab timbulnya rasa kantuk pada pengemudi adalah ketika kondisi tubuhnya tidak sehat.

Oleh karena itu, sangat wajar jika muncul anjuran dan bahkan larangan berkendara atau mengemudi bagi siapa saja saat tubuh tidak fit. Rasa kantuk itu bisa semakin parah apabila sang pengemudi sudah ada di bawah pengaruh obat.

Baca Juga: Sopir Vanessa Angel Sempat Bikin Story Sebelum Kecelakaan yang Merenggut Korban Nyawa Terjadi

Selain kondisi tubuh kurang fit, rasa kantuk saat berkendara bisa disebabkan oleh efek gangguan tidur dan pengaruh minuman keras. Ketika seseorang memiliki ritme tidur yang tidak teratur, maka gangguan tidur dapat menyerang.

Kondisi inilah yang kemudian bisa menyebabkan orang tersebut mudah lelah dan mengantuk saat mengemudi. Meski pengaruh alkohol pada setiap orang berbeda-beda, tapi pada umumnya minuman keras bisa juga menyebabkan seseorang hilang kesadaran secara tiba-tiba karena mengantuk.

Selain kondisi tubuh, faktor eksternal seperti kondisi jalan tidak bisa dipungkiri juga dapat menjadi penyebab kantuk saat berkendara. Misalnya saja, suasana jalan di daerah perkotaan tentu akan berbeda dengan jalan di daerah pedesaan maupun jalan tol yang sepi.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Vanessa Angel: Diduga Akibat Supir Mengantuk

Jalanan panjang dan lurus seperti jalan tol lebih mungkin membuat para pengendara atau pengemudi bosan dan akhirnya menjadi mengantuk. Jika Anda sedang bermasalah dengan hal itu, berikut ini ada beberapa tips atau cara menghilangkan kantuk saat berkendara yang bisa dicoba:

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X