Bagaimana Pandangan Islam Melihat Budaya Larangan Menggelar Pesta Pernikahan di Bulan Suro?

- Minggu, 17 Juli 2022 | 12:09 WIB
Via Vallen dan Chevra Yolandi menikah di Surabaya, Jawa Timur.  (instagram @viavallen)
Via Vallen dan Chevra Yolandi menikah di Surabaya, Jawa Timur. (instagram @viavallen)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Tanggal 1 Suro 2022 mendatang sama dengan 1 Muharram 1444 Hijriyah Tahun Baru Islam. Berdasarkan kalender Masehi, 1 Suro tahun ini akan jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 mendatang.

Sehingga malam 1 Suro akan tiba pada tanggal 29 Juli 2022 selepas waktu Maghrib. Selain itu perlu diketahui malam 1 Suro memiliki banyak mitos hingga larangan yang harus dihindari.

Sebagian masih percaya akan mitos hingga larangan yang harus dihindari pada malam 1 Suro. Sebab diyakini bahwa malam 1 Suro ialah malam yang sakral dan waktu mahkluk halus berkeliaran.

Larangan selanjutnya pada bulan Suro yang harus dihindari yaitu mengadakan pesta pernikahan. Diyakini jika melanggar maka pernikahannya tidak berjalan harmonis dan sering mendapatkan sial.

Baca Juga: TOP SKOR 10 Besar VNL 2022 Putri, Herbots Britt Masih Kokoh di Puncak Bagaimana Zehra Gunes?

Selain itu mengadakan pesta pernikahan di bulan Suro disebut mengganggu ritual keraton.

Jika ingin lebih mendetil soal boleh tidaknya menyelenggarakan persta pernikahan di bulan Suro, berikut penjelasan Buya Yahya dikutip dari kanal YouTube story Mr. UDIN yang diunggah 19 Agustus 2020.

Buya Yahya menegaskan, tidak ada bulan terlarang untuk melangsungkan pernikahan. Menurutnya, semua bulan dan hari adalah baik, yang tidak baik adalah bulan dan hari yang digunakan untuk bermaksiat.

"Semua bulan adalah bulan baik, bulan jelek adalah bulan kita bermaksiat," ujar Buya Yahya.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X