Metaverse Menjadi Bisnis Yang Belum di Petakan di Dunia Digital

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 11:26 WIB
Ilustrasi Metaverse. WIR Group akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia saat Presidensi G-20 di Bali.  (Pixabay.com/@Tumisu)
Ilustrasi Metaverse. WIR Group akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia saat Presidensi G-20 di Bali. (Pixabay.com/@Tumisu)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Metaverse akan menjadi tahap berikutnya dari internet, dan perusahaan global serta perusahaan rintisan tengah sibuk mengembangkan teknologi terkait.

Apa sesungguhnya metaverse itu dan potensi bisnis apa yang dimilikinya? Apakah ada implikasi sosial dan moral?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin akan berdampak pada cara kita hidup dan kerja untuk beberapa generasi mendatang.

Metaverse adalah versi pencitraan virtual tiga dimensi dalam internet yang membuat penggunanya bisa merasakan perspektif secara langsung.

Baca Juga: Game Puzzle Buatan Indonesia When the Past Was Around Akan Hadir di Smartphone

Ketimbang terlibat dengan konten dari luar seperti yang kita lakukan saat ini, metaverse akan memberikan kesan kepada penggunanya bahwa mereka berada dalam konten tersebut.

Misalnya, jika mereka berbicara dengan seseorang, akan terasa seperti hadir secara fisik di hadapan orang tersebut.

Metaverse jadi memungkinkan berkat teknologi seperti Realitas Virtual (VR) dan Realitas Tertambat (AR). Dalam VR, penggunanya merasa hadir dalam lingkungan digital yang sepenuhnya artifisial.

Misalnya, dengan memasang perangkat VR, mereka masuk ke dalam dunia alternatif. Sementara AR, menggabungkan lapisan digital ke lingkungan dunia nyata.

Halaman:

Editor: Bondan Nugrahanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X