Ngopi Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

- Rabu, 24 November 2021 | 14:51 WIB
ILUSTRASI: Biji-biji kopi dan secangkir kopi  (Foto: Freepik)
ILUSTRASI: Biji-biji kopi dan secangkir kopi (Foto: Freepik)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Kabar baik bagi pecinta kopi: hasil penelitian jangka panjang mengungkapkan minum kopi dalam jumlah yang tinggi dapat memperkecil kemungkinan terkena penyakit Alzheimer.

Peneliti dari Universitas Edith Cowan (ECU) menyelidiki apakah asupan kopi memengaruhi tingkat penurunan kognitif lebih dari 200 orang Australia selama satu dekade, dan peneliti utama Dr. Samantha Gardener mengatakan hasil menunjukkan hubungan antara kopi dan beberapa penanda penting yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

"Kami menemukan peserta tanpa gangguan memori dan dengan konsumsi kopi yang lebih tinggi pada awal penelitian memiliki risiko lebih rendah untuk beralih ke gangguan kognitif ringan - yang sering mendahului penyakit Alzheimer - atau mengembangkan penyakit Alzheimer selama penelitian," katanya, seperti dikutip dari Edith Cowan University, Rabu 24 November 2021.

Baca Juga: Larangan Cuti ASN-Swasta, Masyarakat Diimbau Tidak Mudik

Minum lebih banyak kopi memberikan hasil positif dalam kaitannya dengan domain fungsi kognitif tertentu, khususnya fungsi eksekutif yang meliputi perencanaan, pengendalian diri, dan perhatian.

Asupan kopi yang lebih tinggi juga tampaknya terkait dengan memperlambat akumulasi protein amiloid di otak, faktor kunci dalam perkembangan penyakit Alzheimer.

Dr Gardener mengatakan meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian ini menggembirakan karena menunjukkan minum kopi bisa menjadi cara mudah untuk membantu menunda timbulnya penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Vaksin di Blora Dosis 1 dan 2, Mulai Hari Ini Sampai Sabtu 27 November 2021, Cek Lokasi….

"Ini hal sederhana yang bisa mengubah orang," katanya.

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Obat Batuk Pilek Alami, Mujarab dan Mudah Didapat

Minggu, 9 Januari 2022 | 07:08 WIB
X