Pemerintah Luncurkan Program Bantuan Layanan Akses Internet Fixed Broadband untuk Pengembangan UMKM

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:30 WIB
Pemerintah Luncurkan Program Bantuan Layanan Akses Internet Fixed Broadband untuk Pengembangan UMKM (Joko Susanto)
Pemerintah Luncurkan Program Bantuan Layanan Akses Internet Fixed Broadband untuk Pengembangan UMKM (Joko Susanto)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM -Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Pengembangan Pita Lebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika memberikan bantuan internet fixed broadband kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk pemasaran produk secara digital.

Koordinator Infrastruktur Pita Lebar, Singgih Yuniawan mengatakan, bantuan berupa jaringan kabel fiber optik itu menyasar UMKM di desa-desa. Terutama desa yang belum terjangkau jaringan fiber optik.

Tahun ini ditargetkan 39 desa di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat terpasang kabel fiber optik.

Baca Juga: Innalillahi, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

"Kemenkominfo berharap akses internet ini bisa dimanfaatkan maksimal oleh para UMKM untuk meningkatkan produktivitasnya dengan memasarkannya melalui saluran-saluran digital. Sehingga batasan-batasan area pemasaran menjadi tidak terbatas," jelas Singgih usai acara peresmian bantuan internet fixed broadband di Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, Kamis (30/6/2022).

Adapun di Jawa Tengah, Singgih menyebut, sekitar 20 desa menjadi sasaran bantuan jaringan fiber optik.

Di Magelang sendiri ada tiga desa yang menerima bantuan itu, yakni Desa Jamuskauman, Desa Borobudur, dan Desa Tuksongo di Kecamatan Borobudur.

Baca Juga: CARA Mudah Ajukan Klaim Asuransi Haji 2022, Berikut Juga Persyaratannya

Lebih lanjut Singgih menerangkan dari 39 desa sasaran bantuan, ditargetkan terpasang 1.837 satuan sambungan layanan. Terdiri atas 1.705 UMKM dan 132 fasilitas umum.

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X