Bank Dunia: Ekonomi Ukraina Menyusut 45,1 Persen

- Senin, 11 April 2022 | 17:25 WIB
Ilustrasi Ekonomi Ukraina (Pengendara sepeda di depan puing gedung)
Ilustrasi Ekonomi Ukraina (Pengendara sepeda di depan puing gedung)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Bank Dunia mengeluarkan prakiraan buruk untuk Ukraina karena invasi Rusia berdampak pada negara dan tetangganya, memperingatkan dalam laporan yang dirilis Minggu 10 April 2022 tentang prospek ekonomi yang lebih suram jika konflik terus berlanjut.

Ekonomi Ukraina akan runtuh sebesar 45,1 persen tahun ini, bank memperkirakan, jauh lebih buruk daripada penurunan 10 persen menjadi 35 persen yang diproyeksikan IMF bulan lalu.

Rusia akan melihat penurunan 11,2 persen dalam PDB, dan Bank Dunia mengatakan seluruh wilayah menderita konsekuensi ekonomi dari perang, yang dimulai pada akhir Februari dan telah menyebabkan lebih dari empat juta orang Ukraina melarikan diri ke Polandia, Rumania dan Moldova.

Baca Juga: Gagal Raih 3 Poin Kontra Liverpool, Pep Guardiola: Saya Tetap Bangga

Baca Juga: Bak Pertandingan Tinju, Ini Respon Jurgen Klopp Pada Pertandingan Liverpool vs Manchester City

Konflik juga menyebabkan harga biji-bijian dan energi melambung tinggi.

"Hasil analisis kami sangat serius. Perkiraan kami menunjukkan bahwa invasi Rusia di Ukraina telah membalikkan pemulihan kawasan dari pandemi," kata Anna Bjerde, wakil presiden Bank Dunia untuk Eropa dan Asia Tengah dikutip dari Hindustan times.

"Ini adalah kejutan besar kedua yang menghantam ekonomi regional dalam dua tahun dan datang pada saat yang sangat genting bagi kawasan, karena banyak ekonomi masih berjuang untuk pulih dari pandemi," imbuhnya.

Lembaga-lembaga yang berbasis di Washington memperkirakan negara-negara berkembang di kawasan Eropa dan Asia Tengah akan mengalami kontraksi sebesar 4,1 persen tahun ini, pembalikan tajam dari pertumbuhan tiga persen yang diproyeksikan sebelum perang, dan dua kali lebih buruk dari resesi akibat pandemi pada tahun 2020.

Baca Juga: Anggota DPR Ketahuan Menonton Video Porno di HP, Puan Maharani Janji Akan Tindak Lanjuti

Halaman:

Editor: Tiko Septianto

Tags

Terkini

Bank Dunia: Ekonomi Ukraina Menyusut 45,1 Persen

Senin, 11 April 2022 | 17:25 WIB
X