Usai Pertamax, Luhut Beri Kode Kenaikan Harga Pertalite, Premium, dan Elpiji 3 Kg

- Sabtu, 2 April 2022 | 08:45 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan kemungkinan Kenaikan Harga BBM Pertalite dan LPG 3 Kg secara bertahap (Pikiran Rakyat)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan kemungkinan Kenaikan Harga BBM Pertalite dan LPG 3 Kg secara bertahap (Pikiran Rakyat)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan akan ada kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite hingga gas LPG 3 kilogram di 2022 ini.

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kenaikan harga Pertamax ini lantaran asumsi harga minyak dunia dalam APBN sudah sangat jauh dengan harga minyak di lapangan. 

Dikutip dari asumsico, Luhut Binsar Pandjaitan melanjutkan kondisi yang ada pun akan menyebabkan harga BBM harus dinaikkan.

Begitu pula dengan harga LPG 3 kg, namun penyesuaian harga akan dilakukan bertahap. Jatah subsidi untuk rakyat kecil juga dipastikan tidak akan dihilangkan. 

Baca Juga: Harga Daging Sapi dan Beberapa Kebutuhan Naik Menjelang Puasa

Luhut juga mengatakan bahwa kenaikan beberapa komoditas tersebut akan dilakukan secara bertahap.

"Secara keseluruhan akan terjadi kenaikan nanti, Pertamax, Pertalite, kalau premium belum. Juga gas yang 3 Kg (akan naik). Ya, semua akan naik. Jadi bertahap, 1 April, nanti Juli, bulan September, itu nanti bertahap dan dilakukan oleh pemerintah," ucap Luhut.

Dirinya juga menambahkan subsidi rakyat kecil seperi LPG 3 kg tidak akan mengalami kenaikan.

"Semua akan naik, nggak ada yang nggak akan naik itu. Jadi hanya bertahap kita lakukan. Ada yang disubsidi, masih tetap yang untuk rakyat kecil, seperti misalnya LPG 3 kg dari 2007 tidak naik harganya kan tidak fair," katanya.

Halaman:

Editor: Joko Susanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Dunia: Ekonomi Ukraina Menyusut 45,1 Persen

Senin, 11 April 2022 | 17:25 WIB
X