China Merupakan Negara Terkaya di Dunia, Menyalip AS

- Rabu, 17 November 2021 | 06:05 WIB
Ilustrasi kaya (pixabay)
Ilustrasi kaya (pixabay)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis dari lembaga riset konsultan McKinsey & Co. yang meneliti neraca nasional sepuluh negara yang mewakili lebih dari 60 persen pendapatan dunia, didapatkan hasil kekayaan global China meningkat tiga kali lipat selama dua dekade terakhir.

Hasil ini menyalip AS di posisi teratas negara terkaya di dunia.

"Kami sekarang lebih kaya dari sebelumnya," kata seorang mitra di McKinsey Global Institute di Zurich, Jan Mischke, dalam sebuah wawancara.

Baca Juga: Berikut Nama Pemenang Hadiah Utama Mobil dan 10 Motor Undian Nasabah PT BPR BKK Blora

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar 'Aku Bukan Jodohnya' Tri Suaka: Viral di TikTok, Instagram

Kekayaan bersih di seluruh dunia naik menjadi 514 triliun dolar AS pada 2020, dari 156 triliun dolar AS pada tahun 2000, menurut penelitian tersebut.

China menyumbang hampir sepertiga dari peningkatan kekayaan dunia tersebut. Kini kekayaan China meroket menjadi 120 triliun dolar dari hanya 7 triliun dolar pada tahun 2000, yang pada tahun sebelumnya bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia yang mempercepat kenaikan ekonomi di negeri Tirai Bambu itu.

10 persen Terkaya

AS, yang tertahan oleh kenaikan harga properti yang lebih rendah, melihat kekayaan bersih lebih dari dua kali lipat selama periode tersebut, menjadi 90 triliun dolar.

Halaman:

Editor: Tiko Septianto

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X