Begini Upaya Bupati Blora untuk Selamatkan Rute Penerbangan Ngloram - Jakarta yang Sempat Mati Suri

- Kamis, 9 Februari 2023 | 21:03 WIB
Bupati Blora, Arief Rohman. (IST)
Bupati Blora, Arief Rohman. (IST)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Rute penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta ke Ngloram, Cepu Blora terus terus diupayakan selalu ada. Yakni dengan mengisi jadwal penerbangan rute tersebut.

Guna mempertahankan rute itupun, Pemkab Blora juga terus berupaya. Yakni dengan mengajak dinas dan stakeholder terkait dengan skema pertema guna mengupgrade kualitas ke beberapa kementerian.

Bupati Blora, Arief Rohman mengatakan hal itu akan terus dilakukan selama satu bulan dengan mengambil tema-tema yang berbeda. Beberapa waktu lalu, ia mengajak dinas dan Komisi A DPRD Blora serta beberapa kepala desa untuk menimba ilmu ke Kementerian Desa.

Yakni dengan memanfaatkan perjalanan udara dari Ngloram Cepu ke Bandara Soekaro Hatta, Jakarta.

Baca Juga: OJK Beri Rekomendasi Acuan ke TPKAD Blora

"Perjalanan pertama kami mengajak beberapa kepala desa (Kades) untuk menimba ilmu di Jakarta yakni di Kementerian Desa. Didampingi komisi terkait yakni Komisi A DPRD. Dari sana ternyata hasilnya ada. Para kads jadi tahu bagaimana regulasi dan apa yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah desa," ujar Arief, Kamis (9/2/2023).

Apa yang dilakukan oleh Arief itu sangat beralasan. Menurutnya, Pemerintah Pusat sudah membantu mengaktifkan Bandara Ngloram, yang sebelumnya mati suri.

Kemudian hidup dan aktif lagi. Pihaknya ingin masyarakat luas mengetahui jika ada rute penerbangan dari Jakarta ke Blora maupun sebaliknya.

Hal itu tentunya akan berdampak kepada perputaran roda perekonomian masyarakat Blora tentunya. "Kalau sudah dibangun tetapi setelah itu tidak ada penerbangan kan tidak baik. Jadi pada prinsipnya kita terus berupaya supaya ada penerbangan lagi," terangnya.

Ia juga menerangkan bagaimana perjuangan yang dilakukan oleh Pemkab Blora supaya pihak maskapai percaya untuk terus membuka rute penerbangan dari Jakarta ke Blora atau sebaliknya.

"Kita bisa bernegosiasi dan bantuan dari teman-teman di pemerintah pusat. logikanya, setiap maskapai penerbangan itu kan tidak akan mau rugi dengan dibukanya rute penerbangan, termasuk di Blora. Apalagi jika dibandingkan dengan rute yang lain memang blora terbilang belum seramai yang lain juga," terangnya.

Baca Juga: Legislator PKB Blora Ini Sempatkan Waktu Jenguk Korban Rudapaksa di Palon Jepon

Dijelaskannya, pada awalnya maskapai penerbangan sempat menawarkan kepada Pemkab Blora untuk menggunakan sistem block seat.

Dimana Pemkab Blora wajib membeli kursi pesawat untuk keperluan perjalanan dinas dengan kuota tertentu sehingga tingkat keterisian selalu memadai.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Lebih Dekat Laskar Jumat Berkah di Blora

Selasa, 21 Februari 2023 | 07:14 WIB

OJK Beri Rekomendasi Acuan ke TPKAD Blora

Kamis, 9 Februari 2023 | 19:39 WIB
X