Ragam Kuliner Berbahan Jagung Laris Manis di Bazar HUT 40 SMPN 1 Tunjungan

- Selasa, 22 November 2022 | 21:55 WIB
Dalam rangka memeriahkan HUT ke 40 SMPN 1 Tunjungan diadakan berbagai kegiatan dari tanggal 22 hingga 24 November 2022. (Eko Wahyu Budi/Blora.suaramerdeka.com)
Dalam rangka memeriahkan HUT ke 40 SMPN 1 Tunjungan diadakan berbagai kegiatan dari tanggal 22 hingga 24 November 2022. (Eko Wahyu Budi/Blora.suaramerdeka.com)


BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Dalam rangka memeriahkan HUT ke 40 SMPN 1 Tunjungan diadakan berbagai kegiatan dari tanggal 22 hingga 24 November 2022.

Salah satu kegiatan yang cukup menarik adalah bazar yang menjual beragam kuliner jagung.

Dona Novita, guru pengampu kegiatan kreasi kuliner jagung memaparkan bahwa bazar kali ini merupakan follow up dari kegiatan Projek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila.

"Bazar kreasi kuliner jagung ini bagian implementasi Kurikulum Merdeka. Sebelumnya siswa sudah kita ajarkan cara membuatnya, sekarang kita ajarkan secara langsung cara menjualnya,” paparnya.

Baca Juga: Media Sosial Bisa Dimaksimalkan untuk Promosi Potensi Wisata di Blora

"Kurikulum Merdeka memberikan ruang yang luas dan saling terkait antara teori dengan praktik. Dengan cara ini anak dapat lebih dekat dengan kenyataan hidup dalam bermasyarakat,” lanjutnya.

Guru yang kesehariannya mengajar mapel IPA ini menunjukkan beberapa kuliner yang dapat diolah dari jagung.

Mulai dari yang tradisional seperti lepet, bakwan, maupun emping hingga kreasi kekinian seperti putu ayu, krupuk jagung, nugget, twiscorn dan tortilla jagung.

"Kalau dalam fase mengolah kita ajarkan pemilihan bahan yang benar, proses memasak yang tepat, dan penyajian serta pengemasan yang baik. Maka dalam bazar ini kita mengajarkan praktik penjualan yang baik serta perhitungan rugi labanya. Dari yang sudah dihitung minimal keuntungannya sepuluh persen. Pengetahuan ini semoga dapat membuka wawasan siswa tentang peluang menjadi pengusaha dengan memanfaatkan potensi di sekitar siswa,” ujarnya.

Editor: Eko Wahyu Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X