Banyak Bantuan Tak Tepat Sasaran, Bupati Blora Ingatkan Dinsos untuk Evaluasi dan Perbaiki Data Warga Miskin

- Rabu, 21 September 2022 | 13:50 WIB
Bupati Blora Arief Rohman usai acara Pembinaan Forkopimda kepada Camat, Lurah, dan Kades se Kabupaten Blora di Pendopo Bupati. (Eko Wahyu Budi/blora.suaramerdeka.com)
Bupati Blora Arief Rohman usai acara Pembinaan Forkopimda kepada Camat, Lurah, dan Kades se Kabupaten Blora di Pendopo Bupati. (Eko Wahyu Budi/blora.suaramerdeka.com)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Saat ini banyak laporan ke Pemkab Blora terkait dengan banyaknya bantuan untuk warga miskin yang tidak tepat sasaran.

Hal itu dibenarkan oleh Bupati Blora Arief Rohman terkait bantuan tak tepat sasaran, usai acara Pembinaan Forkopimda Kepada Camat, Lurah, dan Kades se Kabupaten Blora di Pendopo Bupati, Rabu (21/9/2022).

“Memang kita harus terus melakukan perbaikan basis data (warga miskin) karena banyak laporan yang (dalam pembagian bantuan) tidak tepat sasaran,” ujar Arief.

Ia juga memastikan ke depan penyaluran bantuan untuk warga miskin di Blora tersebut akan lebih tepat sasaran.

Baca Juga: DPRD Blora Beberkan Fakta Penyaluran Bantuan untuk Warga Miskin saat Ini Masih Pakai Data 2011

“Kita akan benahi basis data (warga miskin) kita, dan kita sudah undang BPS tadi juga dan juga dinas terkait (Dinas Sosial) supaya segera melakukan perbaikan data,” terangnya.

Evaluasi dan perbaikan data, lanjutnya, harus segera dilakukan oleh dinas terkait. Seperti diketahui, jika menilik data BPS 2021 jumlah warga miskin Blora mencapai 107 ribu jiwa.

Parahnya, dalam penyaluran bantuan untuk warga miskin di Blora, Dinsos masih mengacu pada data 2011 bukan data 2021.

Selain itu, indikator untuk kriteria warga miskin juga masih terlalu rumit. Sehingga sangat berpotensi penyaluran bantuan tidak tepat sasaran.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X