Kronologi ‘Wadir’ Pertamina Tipu Puluhan Pencari Kerja, Berhasil Gondol Uang Ratusan Juta

- Selasa, 26 Juli 2022 | 12:17 WIB
Kusairi (35) warga Dusun Doho Agung RT 02/ 04 Kecamatan Balong Panggang Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang melakukan aksi penipuan dengan mengaku sebagai Wadir PT Pertamina. (IST)
Kusairi (35) warga Dusun Doho Agung RT 02/ 04 Kecamatan Balong Panggang Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang melakukan aksi penipuan dengan mengaku sebagai Wadir PT Pertamina. (IST)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Puluhan orang pencari kerja tertipu dengan mulut manis oknum yang mengaku sebagai Wakil Direktur (Wadir) PT Pertamina.

Pasalnya, mereka dijanjikan memperoleh pekerjaan namun dengan membayar uang kepada oknum yang mengaku sebagai Wadir PT Pertamina.

Kini Kusairi (35) warga Dusun Doho Agung RT 02/ 04 Kecamatan Balong Panggang Kabupaten Gresik, Jawa Timur, yang mengaku sebagai Wadir PT Pertamina tersebut diamankan oleh petugas dari Polsek Cepu.

Pelaku diamankan pada Jumat (22/7/2022). Terungkapnya kasus tersebut bermula saat korban bernama Siswanto warga Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan, pada 2 Juli 2022, Jawa Tengah melaporkan adanya penipuan yang dilakukan oleh pelaku.

Baca Juga: Persulit Petani dapatkan Pupuk Subsidi, Legislator Ini Minta Kartu Tani Dihapus

“Pelaku menjanjikan pekerjaan juga mengatakan dapat memasukkan mobil untuk disewa di Pertamina,” ujar Kanit Reskrim Polsek Cepu Ipda Budi Santoso, Selasa (26/7/ 2022).

Iming-iming yang dijanjikan pelaku rupanya berhasil memikat korbannya. Kemudian korban menyerahkan uang sejumlah Rp 5 juta kepada pelaku dan satu unit mobil untuk disewa di PT Pertamina.

Saat itu, pelaku menjanjikan korban bekerja pada 15 Juli 2022. Namun, sampai waktu yang telah dijanjikan, korban ternyata tak kunjung bekerja. Merasa ditipu, korban langsung melaporkan hal tersebut ke Polsek Cepu.

"Pelaku sudah berhasil ditangkap," ujarnya. Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengakui atas perbuatannya dan sudah melakukan penipuan. Adapun modus yang dilakukan yakni pelaku menawarkan pekerjaan sebagai karyawan di Pertamina.

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X