Melihat Kreasi Sepeda Bambu dari Warga Bradag Ngawen, Bupati Blora sampai Kepincut dan Ikut Promosikan

- Selasa, 26 Juli 2022 | 08:46 WIB
Bupati Blora Arief Rohman usai mencoba sepeda bambu buatan Soim (kanan) warga Desa Bradag, Ngawen, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin. (Eko Wahyu Budi/blora.suaramerdeka.com)
Bupati Blora Arief Rohman usai mencoba sepeda bambu buatan Soim (kanan) warga Desa Bradag, Ngawen, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin. (Eko Wahyu Budi/blora.suaramerdeka.com)

BLORA.SUARAMERDEKA.COM - Populasi pohon bambu di Kabupaten Blora mudah untuk ditemui. Bahkan masih banyak tersebar di pelosok desa di Blora. Jenis bambunya pun bermacam-macam.

Berawal dari situlah, ide membuat barang yang bernilai seni tinggi muncul. Yakni Muhammad Soim. Seorang warga dari Desa Bradag, kecamatan Ngawen berusia 45 tahun.

Melihat banyaknya bambu disekitar lingkungan tempat tinggalnya, ia pun memiliki ide cemerlang untuk membuat sebuah sebuah barang yang memiliki nilai seni. Yakni sepeda bambu.

Ide tersebut muncul tepatnya belasan tahun lalu atau tepatnya pasa 2004 silam. Ketika ditemui awak media, ia mengakui jika awalnya hanya iseng. Memanfaatkan banyaknya material bambu disekitar rumahnya.

Baca Juga: Dari Citayam Fashion Week, Seorang Remaja Bisa Dapat Ratusan Ribu

Dijadikan sebuah sepeda. Namun setelah ide tersebut diaplikasikan, ternyata mendapat respon positif dari lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Dari situlah ia mulai menekuni pembuatan sepeda bambu ini.

Adapun sepeda bambu tersebut lebih menghilangkan material besi khususnya pada bagian-bagian vital. Seperti rangka, stang kemudi, dan lain-lain. Rangka sepeda itu terbuat dari material bambu.

Tidak hanya rangka, namun sampai dengan stang kemudi dan sampai pernak-pernik yang lebih rinci. Bambu yang digunakannya pun hanya satu jenis, yakni ‘Ngori’.

Bupati Blora Arief Rohman saat berswafoto dengan Soim (dua dari kanan) di ruang tamu Pendopo Rumah Dinas Bupati, kemarin. (Eko Wahyu Budi/blora.suaramerdeka.com)

Halaman:

Editor: Eko Wahyu Budi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X